Who is Marcelo Brozovic-

Who is Marcelo Brozovic-

Marcelo Brozović (Croatian pronunciation: [martsělo brǒːzoʋitɕ]; born 16 November 1992) is a Croatian professional footballer who plays as a defensive midfielder for Serie A club Inter Milan and the Croatian national football team. At international level, W88 Brozović has been playing for the Croatian national team since 2014. He has represented his country at two FIFA World Cups 2014 and 2018, two Euros 2016 and 2020.

Early career

Brozović was born in Zagreb, and graduated from the youth school of neighboring Hrvatski Dragovoljac. He made his professional debut on 24 July 2010, starting and playing the full 90 minutes in a 1–4 loss to Dinamo Zagreb. Brozović scored his first goal on 18 March the following year, winning against Karlovac.

Lokomotiva

In July 2011, he signed with Lokomotiva, after Dragovoljac’s relegation. He appeared in 27 league games in his first campaign, scoring four goals as Lokomotiva reached a comfortable mid-table position.

Dinamo Zagreb

In August 2012, Brozović signed a seven-year contract with Dinamo Zagreb, to replace Milan Badelj who was tied to Hamburger SV. He was placed in squad No 77, and made his competitive debut on 14 September in a goalless draw against NK Osijek at home, coming on as a second half substitute. Four days later, Brozović made his UEFA Champions League debut playing the full 90 minutes in the 0–2 home loss to Porto in the first leg of the group stage.

He had to wait until 14 April the following year to score his first goal for Dinamo Zagreb, when he netted the second in a 2–0 home win over Inter Zaprešić. Brozović ended his first season with the club making 30 appearances in all competitions, including 23 in the league, scoring two goals in the process, as Dinamo Zagreb won the title, reached the second round of the 2012–13 Croatian Cup, and were knocked out in the group stage of the Champions League.

See more at W88.

Inter Milan

On 24 January 2015, Brozović signed for Inter Milan on a year and a half loan, with a conditional obligation to buy Inter. He became the 900th player to wear the Nerazzurri shirt. Brozović took his preferred number 77, which was last worn at Inter by Sulley Muntari.

He made his official debut with the club on 1 February 2015, coming on as a substitute in Inter’s 3–1 away loss to Sassuolo. He scored his first Inter goal on the last day in a 4–3 win over Empoli, helping Inter end the season in a win. Brozović ended his first Inter season with 15 league appearances, 13 of which were starts and one goal.

Brozović started his first season at Inter with the opening match of the 2015–16 Serie A against Atalanta at home. He scored his first goal of the season on 23 November in the home game against Frosinone, coming off the bench in the 88th minute and netting the fourth goal of the game four minutes later, helping Inter to their biggest win of the season.

On 12 December, Brozović scored his second goal of the tournament, a long-range shot, and the final goal in a 4–0 win over Udinese, celebrating the goal alongside his teammates in the autograph “EpicBrozo”.

Three days later, in the 2015–16 Coppa Italia round of 16 tie against Cagliari, Brozović scored his identical goal against Udinese, helping Inter progress to the quarter-finals with a 3–0 win. On 7 February the following year, he assisted Jeison Murillo for a corner in a match against Hellas Verona, in a 3–3 draw.

Two weeks later, Brozović provided a second assist for Mauro Icardi, who scored the third goal in a 3–1 home win over Sampdoria.

On 2 March, in the second leg of the Coppa Italia semi-final against Juventus at San Siro, Brozović scored twice, including one from a penalty, helping Inter overturn a 3–0 defeat and level the playing field. –3, led the game to penalties; he scored in a penalty shootout attempt, but Inter lost 3–5 and were eventually eliminated from the competition.

Brozović memulai musim baru dengan bermain di 20 menit terakhir saat kalah 2-0 dari Chievo Verona, menerima kartu kuning di menit ke 79. Pada 15 September, di pertandingan pertama babak penyisihan grup Liga Eropa UEFA 2016–17. W88 Hapoel Be’er Sheva, Brozović bermain sebagai starter sebelum diganti di awal babak kedua; dia menolak untuk duduk di bangku cadangan, yang menimbulkan kontroversi di Inter.

Hal ini membuat pelatih Frank de Boer mendiskualifikasi dia dalam pertandingan liga melawan Juventus karena “perilaku tidak profesional”. Berbicara tentang masalah tersebut, De Boer mengatakan bahwa Brozović “harus menunjukkan kedisiplinannya”, menambahkan bahwa “dia melakukan sesuatu yang tidak dapat saya terima”.

Dia akhirnya dipanggil kembali pada 20 Oktober untuk pertandingan liga melawan Cagliari, yang berakhir dengan kekalahan 1-2 di kandang, berlanjut sebagai pemain pengganti yang tidak digunakan. Empat hari kemudian, ia menjadi starter di pertandingan ketiga Liga Eropa UEFA 2016–17 penyisihan grup melawan Southampton, tetapi dikeluarkan dari lapangan pada menit ke-77 setelah menerima kartu kuning kedua.

Brozović meningkatkan permainannya dengan pelatih baru Stefano Pioli, mencetak gol pertamanya musim ini pada 24 November dengan kekalahan 3-2 dari Hapoel Be’er Sheva, meski tertinggal 2-0 di babak pertama. mengonfirmasi dikeluarkannya Inter dari Liga Europa.

Ini diikuti oleh gol liga pertamanya empat hari kemudian, mencetak gol dalam waktu dua menit dengan tembakan kanan dari tepi kotak penalti, membantu Inter mengalahkan Fiorentina 4–2 di San Siro. Pada 7 Desember, Brozović memperpanjang kontraknya dengan Inter Milan hingga 2021, dengan kesepakatan baru termasuk kenaikan gaji yang cukup besar. Empat hari kemudian, dia mencetak dua gol untuk membantu Inter mengalahkan Genoa 2-0.

Dia mencetak gol pertamanya di musim 2017–18 pada 2 Oktober dalam pertandingan kandang 2–1 melawan tim yang baru dipromosikan Benevento. Kemudian pada 11 Februari tahun berikutnya, dalam pertandingan liga melawan Bologna, Brozović diganti pada menit ke-58 setelah tampil buruk; Saat berada di lapangan, dia dicemooh oleh beberapa bagian dari penonton, dan dia menanggapinya dengan bertepuk tangan dengan sinis.

Dia didenda oleh klub atas insiden tersebut, dan ditinggalkan di bangku cadangan melawan Genoa sesudahnya, masuk hanya di menit-menit terakhir. Belakangan sepanjang musim, Brozović kembali ke performa terbaiknya, memperkuat tempatnya sejak awal dan sekali lagi menjadi favorit penggemar. Dia membuat pertandingan Serie A ke-100 pada 12 Mei dengan kekalahan menyakitkan 1-2 dari Sassuolo.

Di pertandingan terakhir musim ini, melawan Lazio, servisnya di babak pertama menghasilkan gol Danilo D’Ambrosio, sementara umpan silangnya dari tendangan sudut di babak kedua diakhiri dengan sundulan Matías Vecino saat Inter menang. 3–2 untuk mengamankan tempat di babak grup Liga Champions UEFA 2018–19. Secara pribadi, dia telah mencetak empat gol dan memberikan sembilan assist, delapan di antaranya di paruh kedua musim, dalam 31 penampilan liga.

Pada musim 2018–19, Brozović melakukan debutnya di Liga Champions UEFA untuk Inter pada 18 September dalam pertandingan pembukaan Grup B dalam kemenangan comeback 2–1 atas Tottenham Hotspur. Dia mencetak gol pertamanya musim ini empat hari kemudian, gol kemenangan di menit ke-94 melawan Sampdoria di putaran kelima Serie A.

Pada 26 Agustus 2019, dia mencetak gol pertamanya musim ini untuk Inter dalam kemenangan 4-0 atas Lecce. Pada 21 September, dia mencetak gol pembuka dalam kemenangan 2-0 atas Milan di Derby della Madonnina. Pada 9 Februari 2020, Brozović menghadapi Inter di Derby della Madonnina lainnya dan mencetak gol dalam kemenangan 4–2.

Pada 17 Agustus, di semifinal Liga Europa, dia membantu Danilo D’Ambrosio untuk gol kedua dalam kemenangan 5-0 atas Shakhtar Donetsk di Merkur Spiel-Arena. Empat hari kemudian, ia masuk dalam starting line-up untuk laga final melawan Sevilla, memberikan assist kepada Diego Godín untuk gol kedua Inter. Namun, Sevilla memenangkan gelar setelah menang 3-2 atas Nerrazzuri.

Pada tanggal 2 Mei 2021, empat pertandingan sebelum akhir musim, Sassuolo bermain imbang 1-1 dengan Atalanta di kandang, yang berarti Inter telah mengamankan gelar Serie A. Ini adalah kejuaraan pertama mereka Inter sejak musim 2009-10, mengakhiri musim Juventus. kemenangan beruntun sembilan musim. Gelar ini juga yang pertama bagi Brozović bersama Nerrazzuri. Dia menyelesaikan musim dengan dua gol dan tujuh assist di semua kompetisi.

Pada 27 Agustus 2021, dalam kemenangan 3-1 atas Hellas Verona, Brozović melakukan pertandingan Serie A ke-200, menjadi orang Kroasia pertama yang melakukannya di era tiga poin satu kemenangan.

International career

Brozović telah tampil bersama Kroasia di level U-18, U-19, U-20, dan U-21. Dengan gol keduanya, ia tampil apik di tahun 2013 dengan mencetak tujuh gol dalam delapan penampilan.

Pada 31 Mei 2014, Brozović dimasukkan dalam skuad 23 orang terakhir Niko Kovač untuk Piala Dunia FIFA 2014 di Brasil, dan membuat debut tim seniornya pada 7 Juni, dimulai dengan kemenangan 1.–0 melawan Australia di Estádio de Pituaçu . Brozović melakukan debutnya di Piala Dunia lima hari kemudian, bermain di 26 menit terakhir dengan kekalahan 1–3 dari Brasil.

Sejak Piala Dunia 2014, Brozović telah menjadi starter reguler di kualifikasi Euro 2016 Kroasia, bermain bersama Luka Modrić dan Ivan Rakitić sebagai bagian dari segitiga lini tengah bergantian untuk Kroasia. Dia mencetak gol pertama Kroasia melawan Azerbaijan, dalam kemenangan 6-0 di Osijek. Gol keduanya di kualifikasi Euro 2016 terjadi pada Maret 2015 melawan Norwegia, ketika dia memberi timnya keunggulan 1-0 dengan tembakan rendah dari jarak 20 yard ke sudut bawah.

Pada Mei 2016, Brozović menjadi bagian dari skuad Kroasia untuk UEFA Euro 2016 di Prancis. Dia membuatnya UEFA Euro debut di pertandingan Grup D pertama antara Kroasia dan Turki, bermain selama 90 menit penuh saat tim menang 1-0. Dia kemudian mencetak dua gol untuk Kroasia pada 12 November 2016 melawan Islandia di kualifikasi Piala Dunia FIFA 2018.

Pada Mei 2018, ia masuk dalam skuat 32 pemain awal Kroasia untuk Piala Dunia FIFA 2018 di Rusia. Dia berhasil mencapai skuad terakhir, dengan Kroasia mencapai final melawan Prancis. Brozović menjadi andalan di starting line-up, dan dia bermain selama 90 menit penuh saat Kroasia kalah agregat 4-2 dari Prancis.

Competition style

Gaya bermain Brozović telah dibandingkan dengan gaya Frank Lampard. Ia terkenal dengan umpan, tekel, lari, dan staminanya. Ia sering diposisikan sebagai gelandang deep-lying atau gelandang box-to-box, namun dianggap sebagai gelandang serbaguna yang dapat bekerja dengan baik di lini tengah manapun.

General